Kamis, 01 Oktober 2020

Keindahan Bunga tapak dara aka bunga vinca yang eksotis

 

Gambar bunga tapak dara

Bunga tapak dara alias bunga vinca adalah bunga yang memiliki 5 kelopak. Warnanya sangat berfariasi ada yang memiliki 1 warna seperti warna merah, pink, putih, dan ada juga yang berwarna kombinasi dalam 1 bunga seperti ungu dengan warna putih ditengahnya membentuk seperti mata.


Tinggi tanaman bisa mencapai 0,2-1 meter. Daun tapak dara berbentuk bulat lonjong, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun sekitar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, dan tangkai daunnya sangat pendek.


Tanaman tapak dara atau vinca memiliki nama ilmiyah Catharanthus roseus Don atau Rose Periwinkle dalam Bahasa inggris. Merupakan jenis tanaman perdu yang berasal dari madagaskar.


Selain dipanggil bunga vinca, di Indonesia sendiri banyak sebutan untuk tanaman tapak dara ini. Misalnya di daerah Sulawesi disebut sindapor, beberapa orang sunda memanggilnya dengan sebutan kembang tembaga. Sedangkan dinegara tetangga Malaysia dipanggil dengan sebutan kemunting cina, pokok rumput alang, pokok kembang sari cina, atau pokok rose pantai.


Jenis bunga vinca atau tapak dara

Bunga vinca gantung

Umumnya bunga ini memiliki 2 jenis yaitu jenis tegak dan jenis rebahan atau juntai. Jenis bunga vinca tegak memiliki batang yang kokoh dan tumbuh menjulang, jenis ini cocok ditanam dihalaman rumah.


Sedangkan Jenis bunga vinca juntai, batangnya tumbuh menjuntai atau rebahan, sangat cocok bila di tanam dipot gantung, agar terlihat lebih cantik kita dapat memvariasikan dengan cara menanam dua jenis warna bunga vinca gantung missal saya ungu dan putih seperti milik saya ini.


Cara menanam bunga vinca atau tapak dara

Ada dua cara untuk menanam atau budidaya bunga vinca yaitu menanam dari benih atau biji dan dengan cara stek batang


Cara menanam bunga vinca dari benih atau biji

Siapkan benih bunga vinca atau bunga tapak dara, biji atau benih bisa kita dapatkan dari tanaman yang sudah berbunga dan cukup tua, biasanya berada di baelakang bagian bunga. Namun jika tidak ada anda, kita dapat membeli benih bunga vinca secara online. Rendamlah benih bunga pada air hangat hingga 2 jam.


Siapkan tray semai yang sudah dilubangi bagian bawahnya, agar air dapat mengalir. Atau bisa juga langsug menggunakan pot agar anda tidak perlu repot memindahkan bibit ersebut. Isi tray semai dengan media tanam sebanyak 3/4% bagiannya. media tanam bisa menggunakan campuran tanah, kompos dan cocopeat.


Tanam biji bunga yang sudah direndam tadi dengan kedalaman 0,5 cm setelah itu beri atau kubur dengan media tanam. Kemudian lakukan penyiraman biji dengan sprayer.


Kurang lebih 7 hari benih akan tumbuh atau berkecambah. Jika daunnya tumbuh 4, pindahkan tanaman dari tray semai ke pot yang besar. Jangan lupa untuk melakukan Penyiraman dan juga pemupukan.


ketika tanaman sudah tumbuh 6 daun buanglah 2 daun pada bagianpaling atas. Dan biarkan dua cabang tanaman tumbuh. Hal ini dilakukan agar tanaman dapat tumbuh optimal dan rimbun sehingga lebih indah.


Cara Menanam Bunga Vinca dari Batang

Memang tidak semua tanaman bisa diperbanyak dengan metode stek. Tanaman bunga vinca merupakan salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan menggunakan metode stek batang. Namun Anda harus memilih tanaman bunga vinca yang berumur cukup tua dan sehat untuk diperbanyak.


Pilihlah tunas tanaman bunga vinca yang relatif baru, namun cukup dewasa dari induk tanaman. Secara umum, panjang potongan batang yang digunakan untuk stek yaitu sekitar 8 hingga 10 cm. Gunakan gunting untuk memotong tunas tanaman. Saat memotong, potong batang dengan kemiringan sekitar 30 derajat agar diperoleh ujung batang tanaman bunga vinca yang lancip. Apabila ada kuncup bunga juga sebaiknya dibuang saja. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang diperlukan tanaman untuk menumbuhkan akar baru tidak diambil terlalu banyak oleh daun dan kuncup bunga tersebut.


Letakkan batang stek tanaman bunga vinca di dalam larutan air yang sudah dicampur dengan pupuk. Rendam batang ini selama 3 hingga 4 jam lamanya. Kemudian tancapkan stek ke dalam pot atau tray semai yang sudah diberi media tanam. ujung stek ditanam sampai kedalaman 3 hingga 5 cm dan Letakan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah ditanam, pastikan stek dalam keadaan lembap namun tidak tergenang air.


Setiap tanaman memiliki kecepatan tumbuh yang berbeda dan banyak factor yang mempengaruhinya, jadi sebaiknya Anda bersabar jika harus menunggu sedikit lebih lama.


cara merawat bunga vinca

Agar bunga vinca terlihat idah dan rimbun, maka kita harus rutin melakukan pitching atau pruning, dan juga melakukan pemupukan. Pada awal pertumbuhan, gunakan pupuk yang kandungan nitrogennya tinggi, atau pupuk daun yang disemprotkan pada permukaan bawah daun di pagi hari. Kemudian, ketika tanaman mulai berbunga, untuk merangsang pembungaan, dapat digunakan pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi. Pemberian pupuk dilakukan secara teratur setiap 2 minggu.


manfaat tanaman tapak dara atau vinca

Selain indah tanaman tapak dara atau vinca memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan, Bunga dan daunnya berpotensi menjadi sumber obat untuk leukemia dan penyakit Hodgkin. Kandungan bahan kimianya adalah vincristine, vinblastine, reserpine, ajmalicine, dan serpentine (sumber: Wikipedia)

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon