Minggu, 27 September 2020

Bunga krokot sicantik berwarna-warni

Kembang Krokot
Bunga krokot /mossrose/portulaca, bunga cantik berwarna-warni, berbunga sepanjang hari dan sangat mudah perawatannya. Tidak perlu pelakuan khusus dalam menanam atau merawat bunga krokot ini. Di Indonesia bunga krokot banyak sebutannya ada yang memangilnya denagan mana Bunnga catik manis dan ada juga yang memanggilnya bunga pukul 9.

Bunga krokot memiliki banyak jenis warna, seperti yang saya punya saat ini, warna merah, kuning, ungu, dan putih. Sementara warna lainnya juga banyak, ada yang bunganya pink, orange, dan kuning bercampur merah. Kalau sedang berbunga, apalagi bersamaan, akan terlihat sangat cantik.

Ada yang unik dari tanaman krokot ini, menjelang sore sekitar pukul 5 sore, bunga dan daun-daunnya yang tadinya segar bugar, akan kuncup hingga keesokkan harinya, dipagi hari. Sekitar pukul 9 akan mekar kembali dengan segar. Krena inilah bunga krokot juga dipanggil bunga pukul 9.

Tanaman Krokot banyak ditemukan dinegara-negara beriklim tropis maupun negara yang memiliki 4 musin. Di beberapa negara krokot dianggap sebagai gulma karena kemampuan tumbuhnya yang cepat dan dapat menggangu pertumbuhan tanaman disekitarnya selain itu tanaman krokot juga dapat bertahan hidup dicuaca yang panas.

Seperti dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun, jenis bunga krokot ini memiliki sederatan nama. Nama-nama itu antara lain rose moss, eleven o’clock, mexican rose, mose rose, sun rose, rock rose, hingga moss-rose purslane.

Cara menanam bunga krokot

Krokot Merah
Untuk menanam atau mengembangbiakkan tanaman krokot ini memanglah mudah. Kita hanya perlu stek yaitu dengan kita memotong batang tanaman krokot, dan menancamkannya ke media tanam seperti tanah atau sekam misalnya.

Agar tanaman krokot terus berbunga dengan cantik, kita perlu secara rutin me-replant. Mengapa kita perlu me-replant? Krokot yang ditanam dalam pot, bila tak ditanam ulang, dan ditanam ulang, lambat laun akan mati. Dimulai dari daun-daunnya yang tumbuh mengecil, menguning dan berguguran, batang mengempis (kandungan airnya mulai hilang), tidak mau berbunga banyak lagi, dan lama-kelamaan ujung batangnya layu dan membusuk, akhir cerita tanaman krokot kita mati. Kita tidak mau hal ini terjadi bukan, maka rutinlah untuk me-replant krokot.

Bisa sebenarnya kita menambahkan nutrisi, dengan menebarkan pupuk, yang akan membantu krokot bertahan hidup didalam pot setelah melewati masa replant, dengan mengeluarkan tunas daun baru, batang-batang semakin kokoh. Namun cara ini buat saya kurang bagus, karena kalau umur krokot diperpanjang (umur krokot tua), bunganya tidak akan banyak lagi, bunga serta daun tidak akan selebar setelah di-replant.

Namun jika anda menanam krokot langsnung di tanah (bukan di pot), anda tidak pelu me-replant, cukup dengan memangkasnya secara teratur (sisa potongnnya bisa anda tanam) dan jangan lupa menyiramnya setiap hari, agar tanaman kerokot anda menjadi rimbun dan banyak berbunga.

Manfaat Krokot

Selain cantik dan manis, bunga krokot ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Banyak senyawa yang terkandung di dalam bunga tersebut, antaralain portulal, betacyanin, betanin, serta betandin sehingga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, memar, radang kulit, dan luka bakar.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon